Aman Menggunakan Taksi

Monday, February 9, 2009

Kejahatan didalam taksi semakin marak,bahkan kadang-kadang pelakunya sendiri adalah sopir taksi.Bagi yang sering menggunakan jasa angkutan taksi,sebaiknya memperhatikan tips-tips dibawah ini agar aman dan selamat:

    1. Saat hendak menyetop taksi, usahakan menyetop di tempat yang ramai.

    2. Setelah taksi berhenti sebaiknya sopir diminta untuk membuka bagasi terlebih dahulu.Periksalah apakah dalam bagasi tersebut si sopir menyimpan sesuatu yang mencurigakan atau tidak (kadang-kadang ada yang menyimpan senjata tajam atau bahkan menyimpan kawannya untuk melakukan kejahatan).

    3. Setelah dipastikan kondisi bagasi aman,sebelum masuk perhatikan nomor pintu yang ada di pintu taksi (bila perlu catat nomor pintunya).

    4. Setelah itu periksa kartu tanda pengenal sopir dan cocokkan dengan wajahnya (bila tidak sama sebaiknya turun dan cari/pilih taksi lain).Kalau cocok ingatkan sopir untuk mengunci pintu dan tidak mengebut.

    5. Curigai sopir apabila dia berhenti mendadak.Kalau sopir turun sebaiknya ikut turun dan mencari tempat yang aman untuk berdiri.Jangan lupa siapkan telepon genggam agar bisa langsung menghubungi polisi apabila tiba-tiba terjadi sesuatu.

    6. Perhatikan argo taksi. Apabila argo berjalan cepat,sebaiknya turun dan pilih taksi lain (sopir taksi yang nakal,biasanya mempermainkan argo).

    7. Sebaiknya penumpang yang menentukan jalan kemana tujuan.

    8. Apabila tidak terpaksa,sebaiknya menahan diri untuk tidak naik taksi pada jam-jam sibuk.Pada jam-jam sibuk biasanya orang tidak memperhatikan sopir dan kendaraannya, sehingga sering dimanfaatkan sopir untuk melakukan kejahatannya.

    9. Disarankan lebih baik naik taksi dengan kawan atau orang dekat.

    0 comments:

     
    Ksatria's WEBLOG. Design by Pocket